1.
Animasi komputer adalah Seni dan proses
menghasilkan gambar bergerak dengan penggunaan komputer. Animasi computer
merupakan bagian dari bidang komputer grafik dan animasi. Sesuai dengan
namanya, animasi computer secara keseluruhan dikerjakan dengan menggunakan
komputer. Dari pembuatan karakter, mengatur gerakkan “pemain” dan kamera,
pemberian suara, serta special effeknya semuanya di kerjakan dengan komputer.
2.
Cara kerja animasi computer:
Ø Langkah 1, membuat dokumen baru
Dalam contoh ini, akan menggunakan
GIMP untuk menghasilkan animasi GIF banner web yang sangat dasar. kita pilih
template yang telah ditetapkan dari Web Banner 468x60 umum. Untuk animasi, Anda
dapat memilih ukuran standar atau mengatur dimensi custom tergantung pada
bagaimana Anda akan menggunakan animasi akhir Anda .
Ø Langkah 2, Set frame 1
Kita
mulai animasi dengan ruang kosong sehingga kita tidak membuat perubahan apapun
pada layer Background yang sebenarnya yang sudah putih polos. Namun kita perlu
membuat perubahan ke nama layer di palet Layers. Klik kanan pada layer
Background di palet dan pilih Edit Layer Atribut. Dalam dialog Edit Layer
Atribut yang terbuka, kita tambahkan (250ms) di akhir nama layer. Ini mengatur
jumlah waktu yang frame ini akan ditampilkan dalam animasi. Ms singkatan mili
second dan setiap milidetik adalah seperseribu detik. Frame pertama ini akan
menampilkan untuk seperempat detik.
Ø Langkah 3, Set Frame 2
Saya
ingin menggunakan grafis/ gambar foot print (nantinya anda bisa menggunakan
grafik apapun) untuk frame ini jadi kita masuk ke File> Open as Layers dan
pilih file grafik foot print tersebut . Ini menempatkan Footprint pada layer
baru yang dapat saya posisikan sesuai kebutuhan dengan menggunakan Move Tool.
Seperti dengan layer background, saya harus mengubah nama layer untuk
menetapkan waktu tampilan untuk framenya. Dalam hal ini penulis telah memilih
750ms.
Ø Langkah 4,Set frame 3, 4 dan 5
Tiga
frame berikutnya banyak lagi jejak kaki yang akan berjalan di banner. Ini
dimasukkan dengan cara yang sama seperti frame dua, menggunakan grafis/ gambar
yang sama dan grafis/ gambar lain untuk kaki yang lain. Seperti sebelum waktu
ditetapkan sebagai 750ms untuk setiap frame. Masing-masing layer Footprint
memerlukan latar belakang putih sehingga hanya satu frame yang akan terlihat -
saat ini masing-masing memiliki latar belakang transparan. kita bisa melakukan
ini dengan membuat layer baru langsung di bawah layer Footprint, mengisi new
layer dengan warna putih dan kemudian mengklik tepat pada layer Footprint dan
klik Merge Down.
Ø Langkah 5, Set frame 6
Frame
ini hanya frame kosong yang diisi dengan warna putih yang akan memberikan
tampilan footprint final menghilang sebelum frame akhir muncul. kita namakan
layer ini Interval dan telah memilih kita set display ini hanya 250ms.
Ø Langkah 6, Setting frame 7
Sebelum
menyimpan animasi GIF, GIMP memiliki pilihan untuk melakukan preview dengan
masuk ke Filter> Animation> Playback. Ini akan membuka dialog Preview
dengan tombol self explainatory untuk memutar animasi. Jika ada sesuatu yang
tidak beres, dapat diubah pada titik ini. Jika tidak dapat disimpan sebagai
sebuah animasi GIF.
Ø Langkah 7, Menyimpan animasi GIF
Menyimpan
sebuah animasi GIF adalah latihan ke depan cukup lurus. Pertama pergi ke
File> Save a Copy dan memberikan file nama yang relevan dan pilih di mana
Anda ingin menyimpan file Anda. Sebelum menekan Save, klik Select File Type
(Dengan Ekstensi) ke arah kiri bawah dan, dari daftar yang terbuka, pilih GIF
image. Dalam dialog Export file yang terbuka, klik radio button Save as
Animation dan klik tombol Export.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar