Blogger Widgets

Minggu, 21 September 2014

Rangkuman materi Komponen multimedia



Rangkuman materi Komponen multimedia :

1.Teks
 Penggunaan teks multimedia,dapat dirancang menggunakan :
 a. Word Processor (WP)
Teks dibuat menggunakan WP kemudian di import dari Multimedia Authoring Program seperti Macromedia Director atau Macromedia Authorware dalam format Rich Text Format (RTF)

b. Authoring Software (AS)
Teks dibuat menggunakan fasilitas text editor yang terdapat dalam program seperti Macromedia Director

hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan teks dalam pembuatan sebuah aplikasi multimedia :
o Untuk font kecil, gunakan font yang tersedia yang paling dapat dibaca.

o Gunakan sesedikit mungkin face yang berbeda untuk pekerjaan yang sama, namun variasikan berat dan ukuran typeface menggunakan cetak miring dan cetak tebal.

o Dalam blok teks,atur leading untuk spasi baris yang sesuai

o Dalam headline berukuran besar, atur spasi antar huruf (kerning) sehingga spasi terasa enak dipandang.

o Eksplorasi penggunaan warna teks yang berbeda dan efek penempatan teks pada latar belakang yang berbeda.

o Cobalah untuk membuat drop cap dan initial cap untuk memberi penekanan pada kata tertentu.

o Gunakan kata-kata yang bermakna atau frasa untuk link dan item menu
Dalam teks aplikasi multimedia harus diperhatikan siapa yang akan menggunakan aplikasi
 Secara umum dibedakan menjadi dua, yaitu :

o Individual user
Untuk aplikasi multimedia yang digunakan oleh seorang pemakai dengan menggunakan komputer.

o Group presentations
Gunakan teks seminimal mungkin; karena yang berbicara adalah presenter / penyaji. Teks hanya sebagai panduan saja.

2.Grafik
Kegunaan grafis dalam aplikasi multimedia :

o Sebagai ilustrasi untuk menjelaskan kosep-konsep

o Chart, untuk ilustrasi dan meringkas data-data numerik

o Warna, bakground dan icon untuk menyediakan keseragaman dan keberlanjutan dalam aplikasi

o Integrasi dari text, photo, dan grafik untuk mengekspresikan konsep, informasi atau suasana hati

o Menunjukkan image dan budaya perusahaan.

 Gambar disimpan dengan cara dimampatkan agar menghemat ruang dalam hardisk.
Ada dua cara proses pemampatan, yaitu teknik lossless dan lossy.

1. Teknik lossless adalah suatu teknik yang menghasilkan gambar rekonstruksi yang sama dengan gambar aslinya.


2. Teknik lossy adalah suatu teknik memampatkan data sehingga gambar rekonstruksi hasil pemampatan mempunyai perbedaan dengan gambar asli, tetapi bagi mata manusia kelihatan sama.

Gambar dibedakan menjadi dua, yaitu bitmap dan vektor :

1. bitmap adalah obyek gambar yang dibentuk berdasarkan titik-titik dan kombinasi warna.

2. vektor adalah obyek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan metode matematis.

 kelebihan dan kekurangan gambar bitmap dan vektor :

Kelebihan bitmap
o Mampu menangkap nuansa warna dan bentuk yang natural.
o Lebih cepat
dan lebih sesuai untuk ditampilkan ke layar monitor, karena gambar bitmap dapat ditransfer secara langsung dari file ke layar monitor Anda.

Kekurangan bitmap
o Perubahan ukuran gambar (pembesaran dan pengecilan) mempengaruhi kualitas gambar.
o Ukuran file gambar relatif besar.
o Melakukan kompresi (pemadatan) pada gambar, maka kualitasnya gambar tersebut akan menurun.

Kelebihan vektor
o Bersifat scalable, artinya kita dapat memperbesar atau memperkecil gambar tanpa mengubah kualitasnya.
o Memiliki ukuran file yang kecil
o Mempunyai warna-warna yang solid, cocok untuk bentuk-bentuk gambar sederhana, seperti logo, kartun, dan sebagainya.


Kekurangan vektor
o kurang dapat menampilkan gambar dan gradasi secara realitis atau natural.

Program aplikasi grafis yang berbasis bitmap, antara lain :
Adobe Photoshop, Corel Photopaint, Microsoft Photo Editor dan Macromedia Fireworks.

Program aplikasi grafis yang berbasis vektor antara lain :
 CorelDraw, Macromedia Free hand, Adobe Illustrator dan Micrografx Designer. Dan masing-masingprogram menghasilkan format nya sendiri-sendiri seperti : CDR, .AI, .SVG, .EPS.

format gambar antara :
a) PSD (Photoshop Document)
b) BMP (Bitmap Image)
c) EPS (Encapsuled Postcript)
d) JPG/JPEG (Joint Photographic Expert Group)
e) GIF (Graphic Interchange Format)
f) TIF (Tagged Image Format File)
g) PCX
h) PDF (Portable Document Format)
i) PNG (Portable Network Graphic)
j) PIC (Pict)
k) TGA (Targa)
l) IFF (Interchange File Format)
m) SCT (Scitex Continous Tone)
n) PXR (Pixar)
o) RAW
p) DCS (Dekstop Color Separation)

3. Audio
Teknologi audio juga berperan penting dalam penyampaian informasi, tanpa adanya audio dalam sebuah multimedia maka hasilnya tidak lengkap. Suara atau audio di dalam multimedia biasanya berupa suara musik, suara dari voice record dan efek–efek suara lain.


macam format file audio :

a) AAC ( Advance Audio Codec )
b) AIFF dan AIFC ( Audio Interchange File Format )
c) MP3
d) Ogg dan Ogg Vorbis
e) RealAudio
f) WAV (WAVE-form)
g) WMA ( Window Media Audio )

4. Video
Terdiri dari full-motion dan life-video. Full-motion video berhubungan dengan penyimpanan sebagai video clip, sedangkan live-video merupakan hasil pemrosesan yang diperoleh dari kamera.

macam format file video :
a) 3IVX
b) ASF ( Advanced Streaming Format / Advanced System Format )
c) AVI ( Audio Video Interleaved )
d) Divx
e) MJPEG ( Motion JPEG)
f) MPEG

5. Animasi
Secara tradisional animasi diciptakan dengan menggambar secara manual (hand drawn animation) frame demi frame sepanjang durasi animasi.


Animasi pada saat ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan dalam berbagai kegiatan.

Manfaat unsur animasi pada multimedia antara lain :

a) Media hiburan
Sebagai media hiburan, animasi memberikan kepuasan tontonan. Animasi sebagai media hiburan biasanya digarap dengan sangat serius karena sebagai produk komersial yang memiliki harga jual, contohnya film, video klip, games, iklan, dan lain-lain.



b) Media presentasi
Fungsi animasi dalam presentasi diantaranya :
Menarik perhatian dengan adanya gambar bergerak, biasanya disertai dengan  audioMembantu penyampaian informasi Merepresentasikan model abstrak maupun berwujud

c) Media pembelajaran
Animasi dipakai sebagai alat pembelajaran yang efektif dan atraktif, seperti pada tutorial, cd interaktif, permainan(game) dan video pembelajaran.

d) Media bantu
Animasi berperan aktif sebagai elemen user interface pada produk multimedia dan dapat membantu visualisasi pada bidang industri, konstruksi, kesehatan dan lain lain.

Pemakaian unsur animasi di dalam sebuah aplikasi multimedia menjanjikan suatu tampilan visual yang lebih dinamis, dapat menampilkan sesuatu yang imajinatif dan mustahil dalam kehidupan yang sebenarnya tetapi dapat divisualisasikan secara meyakinkan dalam animasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar